Strategi promosi KFC lewat Band Indie
Dalam
meningkatkan sales perusahaan, banyak perusahaan menyadari bahwa jalur musik
adalah salah satu cara efektif dalam memasarkan suatu produk yang ditujukan
pada para remaja atau anak muda yang relatif konsumtif. Oleh sebab itu KFC
melirik dunia musik Indonesia sebagai salah satu sarana promosi franchise KFC.
Setelah melihat kesuksesan Indonesian Idol, KFC melihat prospek penyanyi tidak
terkenal yang berpotensi untuk diorbitkan di dunia entertainement Indonesia. Tidaklah
heran bila pada akhirnya KFC memilih jalur Band Indie dalam melakukan promo
franchise KFC. Oleh sebab itu, KFC mendirikan KFC Music Factory di mana banyak
band band indie yang bergabung. Musik yang diperdengarkan relatif musik yang
easy listening.
Hingga
saat ini KFC Music Factory telah memiliki 23 artis dengan 2 album. Salah satu
bukti keberhasilan band indie adalah suksesnya album Juliette di mana pada
akhirnya Juliette menjadi brand ambassador KFC. Hingga saat ini, Album Juliette
yang hanya bisa dibeli di counter KFC telah menghasilkan penjualan sekitar Rp.
10 milyar dan sudah diputar oleh 280 radio secara nasional. Selain itu, KFC
juga membuat satu komunitas musik untuk anak anak muda yang dinamai Music
Hitters, di mana para membernya dalah para pembeli CD yang di dalamnya terdapat
scratch card untuk bisa log in ke website www.kfcmusichitlist.com. Setiap
minggu, para member akan mendapatkan SMS yang dapat ditukarkan di gerai KFC
untuk mendapatkan produk KFC Goceng.
Menurut
Fabian Gelael, Managing Director KFC, misi KFC Music Factory mengalami
banyak kendala, khususnya media televisi. Karena menurut pihak media, artis KFC
adalah anteknya KFC dan bila artis KFC ditampilkan, sama saja dengan
menampilkan iklan KFC dengan gratis. Tetapi justru sebaliknya, Program KFC
Music Factory mendapat sambutan baik dair YUM! Brands International yang
berpusat di Dallas, Amerika Serikat dan rencananya program tersebut akan
menjadi program internasional.
Sampai dengan tahun 2008 banyak sekali restoran - restoran yang telah dan mulai
bermunculan di Indonesia ini. Tetapi apabila kita melihat lebih dalam lagi dari
tahun ke tahun, restoran fastfood yang mendominasi hanya itu itu saja.
Contohnya adalah Mc Donald.
Perusahaan
ini sangatlah laris di negara Indonesia ini. Produk yang mereka tawarkan pun
menarik. Mulai dari makanan sampai dengan service yang mereka tawarkan. Produk
yang
mereka tawarkan adalah seperti ayam, nasi, kentang goreng, hamburger, dan juga
mainan
serta jasa pesan antar.
Kita
lihat di luar negeri seperti di USA, Mc D di sana tidak ada yang menjual nasi,
sambal, serta bubur ayam. Mengapa sampai ada produk itu di Indonesia? Hal ini
karena
kekreatifan strategi penjualan para orang di dalam tubuh perusahaan ini untuk
mengikuti
kebiasaan dari suatu negara. Sebagai contoh adalah Mc Donald Indonesia yang
beradaptasi dengan kebudayaan Indonesia. Di USA, kebiasaan untuk memakan fast
food hanya hamburger dan kentang goreang saja tanpa nasi, ayam, dan sambal.
Seperti yang bisa dilihat bahwa di Indonesia ini mayoritas orang - orang
golongan menengah yang kurang begitu tertatirk dengan nasi dan ayam. Mc D
melihat ini sebagai peluang dan akhirnya mereka mengadaptasi budaya Indonesia
yang makanan pokoknya adalah nasi serta dengan lauk ayam serta disajikan dengan
sambal tomat dan cabai. Selain itu, kekreatifan perusahaan ini bisa dilihat
dari jasa layan antar yang mereka ciptakan.
Mereka
melihat apa yang dibutuhkan pelanggan karena pada dasarnya banyak orang yang
sibuk dengan pekerjaan ataupun mahasiswa yang sibuk dengan tugasnya sehingga
tidak sempat mencari makan diluar. Atas pertimbangan ini Mc Donald mengadakan
jasa layan antar dengan menghubungi 14045.
Manajemen
dari service ini sangatlah baik mulai dari pencatatan sampai dengan pengiriman
ke tempat tujuan. Selain itu, kita bisa melihat yang juga masih dominan saat
ini adalah Kentucky Fried Chicken atau biasa disebut dengan KFC. Banyak dari
masyarakat mengatakan bahwa Mc Donald jagonya hamburger tetapi KFC jagonya
ayam. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak orang bahwa produk yang terbuat dari
ayam lebih enak dari KFC mulai dari ayam, crispy stripe, golden crispie, sampai
dengan kebab dengan daging ayam khas KFC. Orang kreatif penemu resep unggulan
ini adalah Colonel Sanders yang mempunyai nama panjang Harland D. Sanders. KFC
juga ada jasa layan antar tetapi tidak sehebat Mc Donald yaitu 24 jam sehari non
stop dan KFC hanya sampai jam 10 malam. Karena banyaknya permintaan, pada tahun
2008 KFC memulai untuk membuka pesan antar 24 jam sehari untuk memenuhi
kepuasan konsumen.
Sebenarnya
banyak sekali pesaing dari mereka ini seperti Popeye, Wendy’s, California Fried
Chicken, A&W. Mengapa mereka tidak bisa ikut menjadi dominan? Hal ini
karena tingkat inovasi mereka di product dan resep kurang sehingga pelanggan
mungkin bosan dengan menu yang itu - itu saja.